Tuesday, July 19, 2011

Tugu Jogja,simbol kota Jogja

    

Tugu Yogyakarta adalah sebuah menara yang sering digunakan sebagai simbol / lambang dari kota Yogyakarta. Monumen ini dibangun oleh Hamengkubuwana I, pendiri istana Yogyakarta. Monumen yang terletak di persimpangan Jl Sudirman dan Jl. Pangeran Mangkubumi ini, memiliki nilai simbolis dan merupakan garis ajaib yang menghubungkan laut selatan dan Gunung Merapi.





Monumen ini sekarang menjadi salah satu obyek wisata Yogyakarta,begitu identiknya Tugu Jogja dengan Kota Yogyakarta, membuat banyak mahasiswa perantau mengungkapkan rasa senangnya setelah dinyatakan lulus kuliah dengan memeluk atau mencium Tugu Jogja atau sekadar berfoto denganya. Mungkin hal itu juga sebagai ungkapan sayang kepada Kota Yogyakarta yang akan segera ditinggalkannya, sekaligus ikrar bahwa suatu saat nanti ia pasti akan mengunjungi kota tercinta ini lagi.



Puncak dari Tugu ini kelihatan dari Keraton. Bila cuaca cerah, gunung Merapi pun akan kelihatan sejajar dengan keraton. Tugu Jogja itu melambangkan "makro kosmos" dan "mikro kosmos" dimana makro kosmos adalah bagaimana hubungan manusia dengan sesama manusia dan mikro kosmos adalah bagaimana hubungan manusia dengan penciptanya.Saat ini berfoto di depan Tugu Jogja adalah suatu aktivitas wisata yang mengesankan bagi banyak orang. Berfoto di depan Tugu Jogja ini banyak dilakukan di malam hari. Meskipun hanya dengan tata lampu yang sederhana, namun Tugu Jogja  mampu menyajikan pemandangan yang menarik, eksotis, dan sangat khas Jogja.